Header Ads

BUKU ABADI


Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs. Moh. Rifa'i terbitan PT. Karya Toha Semarang ini saya nilai sebagai karya abadi. Meski ukuran sekarang tipis berbeda dengan edisi ketika saya kecil, tetap saja buku yang kovernya tak berubah ini saya pilih untuk menyegarkan kembali ilmu agama saya.

Simpel dan langsung ke sasaran. Begitulah dua kata yang mewakili buku ini. Membacanya tak harus kepala pusing tujuh keliling. Namun patut disayangkan cetakan baru sekarang kertasnya buram yang mengurangi kadar kecantikan buku.

Oh ya, saya periksa buku tuntunan salat ini kali pertama terbit pada 1976. Saya belum lahir. Tercatat sampai 2008 telah mengalami cetak ulang sebanyak 363 kali.

Mari kita hitung secara cepat saja.

1976 - 2008 = 32 tahun
363 cetak ulang / 32 tahun = 11,3 cetak ulang / tahun
Per bulan rerata mencetak ulang 1 kali

Bisa kita bayangkan jika sebulan mencetak katakanlah 1000 eksemplar. Penulis atau ahli warisnya misalkan menerima royalti per buku 500 rupiah katakanlah, berapa gaji per bulan? 500 ribu per bulan. Lumayan banget.

Namun semua tak bisa kita ukur dengan materi. Penulis buku ini akan lebih bangga jika kita salat dengan khusyuk. Berapa bedar pahala kebaikan yang ia peroleh, ya? Semua Alloh yang mengaturnya.

Jumat waktu tepat untuk #pencitraan

Tidak ada komentar