Header Ads

Kuliah Ilmiah Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Siliwangi


Sebagai suatu usaha untuk membina mahasiswa agar mampu meningkatkan kepercayaan diri dan paham aplikasi teori keteknikan di dunia kerja, Fakultas Teknik mengadakan kunjungan ilmiah di proyek pembangunan Apartemen Dave Depok, Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Muara Tawar, dan TVRI Pusat Jakarta. Kegiatan rutin tahunan ini diikuti oleh rombongan mahasiswa yang terdiri dari tiga program studi yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika didampingi oleh dekan, wakil dekan I, wakil dekan II, dan enam dosen pendamping.
Acara ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berangkat dari Universitas Siliwangi pada 24 Januari 2016. Pembukaan dilakukan di Gedung Mandala pada pukul 16.00 WIB oleh dekan Fakultas Teknik. Selanjutnya rombongan yang menggunakan 12 bus yang terdiri dari 4 bus untuk mahasiswa Teknik Sipil, 6 bus untuk Teknik Informatika dan 2 bus untuk Teknik Elektro.  secara resmi diberangkatkan dari Kota Tasikmalaya pada pukul 21.00 WIB.


Gambar 1. Pemberangkatan mahasiswa Fakultas Teknik

Rombongan mahasiswa tiba di Masjid Istiqlal Jakarta pada 25 Januari 2016 pukul 4.00 WIB untuk sejenak melaksanakan  ibadah salat Subuh. Perjalanan kunjungan ilmiah mahasiswa yang didampingi oleh dekan, dua orang wakil dekan, dan 6 dosen pembimbing lapangan selanjutnya adalah mengunjungi lokasi kunjungan pertama yaitu Proyek Pembangunan Apartemen Dave di Depok.
Gambar 2. Aktivitas mahasiswa Fakultas Teknik di Masjid Istiqlal Jakarta

1.      Kunjungan Ilmiah ke Apartemen Dave, Depok
Proyek Pembangunan Apartemen Dave di Depok yang berdekatan dengan kampus Universitas Indonesia memasuki tahap awal pelaksanaan konstruksi. Apartemen ini memiliki 28 lantai dengan lokasi yang strategis karena bersebelahan dengan kampus sehingga aksesnya mudah untuk mahasiswa ataupun warga yang tinggal di tempat tersebut.
Rombongan mahasiswa diterima oleh General Manager Diamond Group selaku pengembang proyek pada 25 Januari 2016. Sebelum meninjau lokasi pembangunan, mahasiswa diberi penjelasan dan diskusi tentang spesifikasi, pemilihan lokasi, perizinan, target sasaran konsumen, dan proses pembangunan Apartemen Dave. Setelah itu mahasiswa melakukan peninjauan lokasi pembangunan.
Kunjungan ilmiah di Apartemen Dave memberikan pengalaman berharga buat mahasiswa Fakultas Teknik berlangsung lancar dan dilanjutkan istirahat dan makan siang. Rombongan mahasiswa kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi kunjungan yang kedua yaitu PLTGU Muara Tawar Bekasi Jawa Barat.
Gambar 3. Sambutan dan penjelasan teknis pembangunan Apartemen Dave oleh Pengembang (owner)

2.      Kunjungan Ilmiah di Proyek Listrik Tenaga Gas dan Uap Muara Tawar Bekasi, Jawa Barat
Dosen pembimbing lapangan beserta rombongan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Siliwangi disambut oleh Ibu Feni selaku staf sumber daya manusia (SDM), Bapak Saefuloh, dan manajer Proyek Listrik Tenaga Gas dan Uap Muara Tawar, Bekasi, Jawa Barat.
Narasumber memberi penjelasan tentang sejarah, visi misi, dan teknologi yang dikembangkan di PLTGU Muara Tawar. Mahasiswa Fakultas Teknik sangat antusias mengikuti diskusi dan melemparkan berbagai pertanyaan seperti turbin, teknologi genset, sistem pendingin, program CSR, penggunaan EBT, dan kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).  
Kegiatan dilanjutkan pada kunjungan ke plant pembangkit PLTGU Muara tawar menggunakan kendaraan bus. Sepanjang perjalanan kelilling plant, narasumber aktif menjelaskan sekitar ilmu tentang pembangkitan listrik oleh tenaga gas dan uap. 
Gambar 4. Sambutan dari PLTGU  Muara Tawar Bekasi dan diskusi dengan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Siliwangi

Gambar 5. PLTGU  Muara Tawar Bekasi

3.      Kunjungan Ilmiah ke TVRI Jakarta
Hari kedua kunjungan ilmiah mahasiswa Fakultas Teknik dilaksanakan pada Selasa, 26 Januari 2016 bertempat di Gedung Pusat Produksi Siaran Televisi Republik Indonesia (TVRI) Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai proses produksi siaran televisi, melihat secara langsung implementasi teori-teori yang diberikan di dalam kelas pada industri pertelevisian dan memberikan gambaran mengenai dunia kerja di bidang industri pertelevisian.  
Rombongan tiba di Gedung Pusat Produksi Siaran TVRI Jakarta diterima oleh Kepala Bidang Teknologi Informatika dan Kerjasama Teknik. Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan Dosen Pembimbing lapangan Bapak Andi Nur Rachman,S.T.,M.T. Selanjutnya peserta menerima materi mengenai Produksi Siaran di TVRI dari Bapak Jailani S.T.,M.Si. selaku Kepala Bidang Teknologi Informatika dan Kerjasama Teknik.
Gambar 6. Peserta menerima materi mengenai proses produksi siaran di TVRI

Setelah selesai menerima materi dan melakukan sesi tanya jawab, mahasiswa diajak berkeliling Gedung Pusat Produksi Siaran TVRI untuk melihat langsung bagaimana proses produksi sebuah siaran televisi. Kegiatan Kunjungan Ilmiah ditutup dengan sesi foto bersama peserta di depan Gedung Pusat Produksi Siaran TVRI.


Gambar 7. Foto bersama peserta kunjungan ilmiah di depan Gedung Pusat Produksi Siaran TVRI
Selesai kegiatan seluruh peserta Kunjungan Ilmiah Mahasiswa Fakultas Teknik berkumpul  untuk beristirahat dan makan malam sekaligus persiapan kembali ke Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Selama perjalanan tidak terjadi hambatan yang berarti hingga akhirnya seluruh peserta tiba dengan selamat di Universitas Siliwangi Tasikmalaya pada hari Rabu tanggal 27 Januari 2016 pada pukul 04.00 WIB.

Tidak ada komentar