Header Ads

SMK N 6 YOGYAKARTA





Penasaran dengan bagaimana sekolah menengah kejuruan, saya pagi tadi meluncur ke SMK Negeri 6 Yogyakarta di kawasan Mandala Krida. Kebetulan teman SMA saya, Sarining Pribadi, seorang guru Bimbingan Karier di sekolah itu. Saya anggap dia pemandu wisata saya.

'Sedang masak apa, Mbak?' tanya saya ke salah satu siswa jurusan boga. Sari berada di sebelahnya menampilkan wajah sangar menjaga citra dirinya sebagai guru pembimbing.

'Bumbu rujak tempe tahu, Pak!' jawab si siswa. Sari mengenalkan saya sebagai teman SMAnya yang paling yahud secara akademik.

'Ini dilombakan?'

'Ya dong, Pak ....'

Saya mengamati jika nuansa kelas boga di SMK N 6 ini sangat kreatif.Para siswa bergerak tangkas bersama celoteh guru kelas mereka yang menginstruksi sana sini. Kekompakan ada dalam kelas ini. Tidak seperti saya dulu di SMA, tegang semuanya! Di sini, semua cair seperti lancarnya pipis seorang bayi karena sang ibu rajin menggelonggongnya dengan air mineral.

Sari dan saya bergerak ke kelas komputer. Sama! Seluruh isi kelas ribut dengan kesibukan mereka namun tampak bukan rusuh. Mereka belajar dengan cara yang praktis alias aplikatif yang langsung mengenai sasaran dan nantinya siap bekerja.

Di kelas komputer, eh .... bertemu dengan Bima! Capoeira ... capoeira lagi! Dia saudara capoeira saya. Kami berpelukan yang bukan berarti saya ayahnya dan dia anak saya tanpa tahu siapa ibunya.

Pengalaman yang seru! SMK memang beda .... Terima kasih buat Bu Guru Sarining Pribadi. Jagalah 1400 siswamu, didik mereka dan arahkan ke pintu gerbang kemerdekaan sesuai dengan titah UUD 1945!

www.rumahdanie.blogspot.com

Tidak ada komentar