Header Ads

Salahkah Aku Jika Ingin Berganti Kewarganegaraan (Bagian 2)

Aku ingin berganti baju, tapi bukan hatiku. Kemilau negeri seberang menggangguku, tapi tidak pendirianku. Aku ingin berganti kewarganegaraan, tapi tidak darahku. Hanya angan semu yang tak mungkin terjadi.

            Aku takut dihina sebagai orang gila yang tak tahu terima kasih. Meninggalkan negeri sendiri yang sedang sekarat. Melarikan diri dari kenyataan dan tanggung jawab. Anak bangsa keparat yang gila kemegahan. Merongrong penguasa melalui pemikiran gaib yang tak termaafkan.

            Ingin kumembangun negeri indah ini tapi jalan itu tertutup bagi orang-orang sepertiku. Anak bangsa rendah prestasi karena kesempatan pendidikan yang tak memungkinkan aku bergabung. Kaum elit menghadangku untuk masuk ke dalam lingkaran mereka. Hingga aku putus asa mencari jalan untuk memberikan sumbangsih bagi negeri ini. Rindunesia.

            Kuputuskan untuk meretas asa menjadi orang lain agar Penguasa Rindunesia terperangah. Bahwa diaspora sudah tak bisa lagi dibendung. Melebarkan sayap menuju dunia.

Tidak ada komentar