Header Ads

LILLY: Pencarian Cinta Seorang Gadis Eropa di Etiopia

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:Camilla Gibb
Judul asli: Sweetness in the Belly
Harga: Rp. 49.000
Penerbit: Qanita (Mizan Pustaka)
Terbit: Mei 2008

Gadis kecil kulit putih itu bernama Lilly. Kedua orangtuanya tewas secara misterius, hingga dia diangkat anak oleh seorang sufi Maroko, Abdal Akbar.
Dua budaya yang amat berbeda membuat Lilly harus berjuang mengenal hidup.

Cukup lama Lilly merasa hampa dan terhantui kematian orangtuanya, sampai dia menemukan sosok kakak dalam diri Hussein. Hussein-lah yang menemaninya hijrah ke Harar, Etiopia, sebuah kota suci bertembok tempat bermukim para wali. Di sanalah Lilly belajar Islam dan menjadi guru mengaji Al Quran.

Namun, tibalah tahun 1984, ketika setengah juta orang mati kelaparan dan setengah juta lagi meninggalkan Etiopia. Lilly terpaksa harus mengungsi ke London. Berpisah dengan Hussein dan anak-anak didiknya adalah hal tersulit bagi Lilly karena dia juga harus berpisah dari Dr. Aziz Abdulnasser, dokter idealis yang mulai mengisi hatinya. Bagaimana kehidupan Lilly saat dia mengungsi ke London? Akankah dia menemukan kembali kebahagiaan yang sempat singgah kepadanya?

“ …. Novel yang memberikan pengaruh mendalam.”
—Giller Prize Jury

“Lilly amat mengagumkan dan menginspirasi semua orang. Novel yang melukiskan kondisi Etiopia dengan amat tajam; penuh cinta, toleransi, ketabahan, dan optimisme.”
—Ethiopian Observer


Tentang Penulis:
Camilla Gibb lahir di London, Inggris, dan tumbuh di Toronto, Kanada. Menyelesaikan kuliah di jurusan Antropologi dan Studi Timur Tengah di University of Toronto, dia lalu mendapatkan gelar Ph. D. dari Oxford University pada 1997.

Berkat karya-karya gemilangnya, yang antara lain telah diterbitkan ke dalam 14 bahasa di 18 negara, dia dinobatkan oleh Orange Prize Jury sebagai salah satu di antara 21 penulis yang sangat diperhitungkan pada masa mendatang.

4 komentar:

  1. dri reviewX aja dah T.O.P bgt kayakx
    msk list name buying

    BalasHapus
  2. saya suka karena diajak jalan2 ke Etiopia
    jadi pengin ngekos di sana deh ... murah kayaknya
    aku yakin listrik gratis ...

    BalasHapus
  3. jangan lupa sekalian bw bOm. d sana msh sering perang sektarian antar suku regard (^^,)V

    BalasHapus
  4. enak saja hahaha
    aku bukan manusia kayak gitu ....
    aku mau kasih teman2 Etiopia-ku berbagai macam jamu ....

    BalasHapus