Header Ads

Memotivasi Para Pembantu

Sebuah perjuangan musti kita lakukan, walaupun masih kabur dalam kenyataan. Sering kali apa yang kita harapkan selalu luput dari genggaman. Kadang setiap langkah yang kita jejakkan di bumi selalu menuai sebuah kegagalan. Namun semua itu harus dilakukan oleh semua makhluk yang dikarunia Tuhan sebuah hidup.  

Hidup merupakan perjuangan adalah sebuah keniscayaan. Tak ada yang bisa menawar kapan kita dijemput kematian, tak ada yang bisa menerka kapan seseorang lahir di bumi ini. Setelah kita terlahir pun, kita masih memiliki beberapa permasalahan yang butuh dituntaskan. Bukan berarti kita mempunyai dosa yang kita bawa dari lahir, melainkan kita dipersiapkan oleh Sang Pembuat Hidup agar siap menemuinya kelak. Entah rumusan apa yang bisa menjabarkan dengan kata menemuinya. Tak ada yang secara gamblang menemukan konsep itu.

Aku sebagai makhluk yang selalu sepi, berusaha mengurai sedikit demi sedikit, dengan setitik asa dan segenggam harapan. Ingin sekali bertindak di jalur rel yang lurus, tapi apakah mungkin seseorang tanpa duka. Mustahil. Oleh karena itu, semua kegagalan dan kekurangan pada diri harus kita terima sebagai sebuah berkah. Jika kita merasa hal itu sebuah kekurangan maka tugas kita menambalnya. Jika berlebihan maka harus diperlakukan secara hati-hati agar tidak lepas di tengah jalan. 

Oh hidup, begitu indah namun juga menyimpan banyak rahasia. Aku ingin mengintipnya barang beberapa menit saja. Agar aku tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Agar aku bisa memperbaiki keadaanku di masa lampau. Andai aku mempunyai mesin waktu, aku ingin merubah nasibku. Mustahil. Yang ada adalah rubahlah nasib melalui sebuah usaha, dan tindakan yang bisa dipertanggungjawabkan.

 

 

Tidak ada komentar