Header Ads

The French Connections (William Friedkin, 1971): Memburu Gembong Narkotik Prancis

Popeye dalam wujud polisi pemberantas mafia narkotika di jalanan Big Apples.
'Popeye' Doyle, seorang bermulut besar, dengan gaya khasnya bertugas mengurai bisnis rumit haram yang digawangi oleh para cukong asli Prancis. Diperankan oleh Gene Hackman, yang dinobatkan sebagai aktor terbaik Academy Awards 1971, Doyle menjadi sosok polisi yang temperamen sekaligus cerdas. Dalam film ini, aksi kejar kejaran tampak sangat alami dan tak membosankan. Tidak berkesan seperti film aksi Hollywood zaman sekarang, yang terkesan membabi buta dan mengobral gegap gempita semata, menonton The French Connections serasa kitaberperan menjadi agen FBI yang ingin melumpuhkan seluruh musuh musuh jalanannya. Mendebarkan.

Adegan paling seru ditampilkan saat Popeye hampir saja menangkap sang Bos Mafia. Dari restoran mengintip, mengejar ke stasiun kereta bawah tanah, pertarungan di atas kereta yang tengah melaju, akting Gene Hackman terus dikuras. Benar benar tanpa jeda.

Kelemahan film ini pada ritme yang agak lambat pada cerita awal. Memasuki CD yang ke-2, nyawa film mulai menanjak. Sangat tangkas.

Agaknya, The French Connections berhasil menyuguhkan drama kriminal yang touchy, menghibur, dan sekaligus membuat jantung tak berhenti untuk sekadar beristirahat berdetak. Gelar sebagai film terbaik Oscar 1971 memang sangat pantas diberikan.

Patut ditonton oleh para penggemar film aksi yang berkualitas.

Nilai: 8 dari 10 bintang

Tidak ada komentar