Header Ads

The Song of Sparrows (Majid Majidi, 2008): Jika menyukai Children of Heaven, ini lebih dahsyat!

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Berbincang tentang Iran memang tak ada habisnya. Negeri berjuta cerita, mulai dari perseteruannya dengan Amerika Serikat berkaitan produksi nuklir, syiah, Ahmed Dinejad, dan tentu FILM.

Children of Heaven adalah contoh terpenting keberhasilan Iran menawarkan budayanya kepada masyarakat dunia. Majid Majidi sebagai sutradara benar benar menampilkan Iran yang sungguh humanis. Tak melulu garang seperti yang dipromosikan oleh musuh bebuyutannya, Amerika Serikat, yang anehnya dulu dua negeri ini pernah menjadi sekutu untuk melibas Irak. Kesan kehidupan sederhana dari Zahra dan Ali membekas dan menginspirasi kita untuk lebih menghargai peran anak anak dalam kehidupan ini.

Kali ini The Song of Sparrows: Nyanyian burung burung pipit.

Dibuka dengan paparan pekerjaan Karim sebagai buruh di suatu peternakan burung onta kisah menakjubkan film ini berawal. Karim, yang hidup bersama keluarga besarnya di luaran Teheran, bertemperamen sangat keras tapi juga lembut kepada istri dan ketiga anaknya. Konflik mulai ditampilkan saat salah satu burung onta lepas dari kandang. Dicari cari, Karim tak berhasil mendapatkannya kembali. Dan, putri sulung Karim, yang tuna rungu, rusak alat bantu pendengarannya. Padahal penghasilan Karim tidak seberapa.

Berbagai permasalahan yang diterima Karim membawa dirinya ke Kota Teheran. Satu persatu keberuntungan menghinggapi Karim. Kejutan demi kejutan ditampilkan oleh sutradara hingga membuat penonton terperangah.

Film ini berhasil mengaduk emosi pemirsa dengan konflik batin; kesuksesan-kegagalan, kebaikan-murka, saling bergantian memenuhi seluruh isi cerita. Majid Majidi sangat brilian menampilkan detail konflik berikut solusi yang tak berat dan tak perlu bersungut sungut dalam mencerna apa yan ingin ia sodorokan. Sekali lagi, The Song of Sparrows berhasil memikat tanpa jeda dari awal hingga akhir cerita.

Terlalu banyak adegan indah yang harus diceritakan. Hingga bercerita secara panjang lebar akan mengurangi keindahan film ini.

Tiga kata penting bagi The Song of Sparrows: Artistik, Jenius, dan Memikat.

Nilai: 9,5 dari 10.

13 komentar:

  1. Saya suka film filmya Majid Majidi. Tapi baru dua yang nonton. Children of Heaven dan Baran. Yang ini saya belum tahu...bisa di akses di mana? Sudah ada ga versi dvdnya?

    BalasHapus
  2. Baran saya pengin menonton Bang Hensam.
    Ntar saya cari.

    Oya, saya ada file The Song of Sparrows Bang.
    Tapi gede je kapasitasnya.
    Kalau di upload tuh di mana ya. 4shared kah?
    Saya rada jadul kalau masalah ginian. Yang saya tahu nulis, nonton hehehe.

    Ada solusi ndak?

    Nek mau, saya kirim hehe

    Saya biasa pinjam film di rental Yogya. Film film nya asik dan kualitas festival. hehehe

    Gimana Bang?



    BalasHapus
  3. Wah asik juga ada rental yang punya film-film festival kayak gini di Jogja ya. Kalau yang jual ga ada ya? Kalo ada aku nitip deh. Baran ga terlalu fenomenal sebenarnya, cerita anak perempuan yang harus nyamar jadi anak laki laki untuk bisa mendapat pekerjaan. Kalu mau ntar aku copy aku kirim via pos. Karena nyari vcdnya sekarang sudah ga ada.

    BalasHapus
  4. Mmm ... kayanya kita harus saling bertukar info tentang film bagus deh Bang Hensam.
    Atau gimana ya?
    Saya kirim via pos juga bisa.
    Ntar biaya keping DVD n jasa pos ditanggung penerima hehe.
    Bagaimana?

    Atau ada ide lain kah?

    BalasHapus
  5. Jasa Pos bisa begitu ya...setuju kalau ga merepotkan. Kalau mau saya bisa kirim copyan film Baran. Tapi saya punya format vcd (2 keping). Punya Okuribito (Departures) yang film Jepang itu ga? he he he....

    BalasHapus
  6. Departures punya. Kemarin malam baru nonton. Keren. Indah sekali kematian itu, hehehe. Sebentar lagi saya review. hehe
    Kalau di Yogya ada semua mua deh hehe.
    Universal VCD Rental namanya.
    Seru banget kalau masuk ke sana. hehehe.

    BalasHapus
  7. Ntar teknise menyusul aja Bang.
    YM aja di: ndr_smarty@yahoo.com

    Ntar ngobrol oke.
    Saya lagi bersih2 kantor neh. Jadi ntar diatur cara ngirimnya. oke

    BalasHapus
  8. Koq bisa lengkap gitu ya...bisa jadi di Jakarta ada juga ya...akunya aja yang malas hunting...Citizen Kane ada ga...he he he...banyak maunya!!!

    BalasHapus
  9. Ntar bisa diatur.
    Yang pasti, TOP deh Bang. Ga akan Hollywood melulu. hehe

    BalasHapus
  10. Asalam... saya juga mau bang? ^___^
    Gmn ya saya bisa mendapatkannya.. mohon bantuannya? sudah lama saya mencari film ini tapi ga dapat2. Di jogja rental VCD mana yg menyewakannya? ada beberapa rental yg sdah saya masuk tapi ga ada. salah satunya d jalan moses (depan toko merah gejayan). klo film ini pernah nonton ga bang: Buddha collapsed out of shame?

    BalasHapus
  11. Buddha saya sudah nonton juga. Canggih.
    Kalau di Jogja, film film festival d rental Universal. Belakang MIrota gejayan.
    Anda posisi di manakah?

    BalasHapus
  12. Udah ketemu tempatnya bang, pas puasa kemarain.... saya di Gejayan, Kel.Klitren/Kepuh (depan pasar demangan).

    BalasHapus
  13. Yup.sila menikmati film film kerennya. Wah dah lama ndak nuntun film Prancis. Berangkat.

    BalasHapus