Header Ads

CIA dan BIN: Mari Main Dakon

Siapa bilang BIN kalah dengan CIA? Jangan menilai dari permukaan, utuhlah memberi apresiasi terhadap sepak terjang dunia intelejen tanah air. Jika Muchdi PR dituduh membunuh Munir, tak lekas menunjukkan BIN gagal mengemban tugas negara. Toh pengadilan telah memberi keputusan bahwa Muchdi tidak bersalah. Apa yang unggul dari intelejen kita?

Tak ada Presiden Indonesia yang dibunuh teroris bukan?
Berbeda dengan Amerika Serikat yang presidennya pernah terbunuh karena bolongnya intelejen. Lebih parah lagi India dan Pakistan. Jaringan mata mata Indonesia lebih rapih. Hingga nyaris BIN tak pernah terdeteksi hasil kerjanya oleh masyarakat. Entah apakah anggotanya memakai kacamata hitam khas agen CIA lengkap dengan jas, dan bertubuh kekar melindungi presiden. Awak BIN berseragam apa, aku tak persis mengerti.

Kedekatan emosi tak terjalin antara BIN dan diriku. Jangan culik aku, Pak. Kasihan anak istri di Apartemen kami.

13 komentar:


  1. Lha, aku malah curiga kau adalah mantan agen-intel insaf, trus pura-pura jadi penulis sableng. Identitasmu kok kompleks betul sih Ndhy?

    BalasHapus
  2. Aku dulu tukang sapu di BIN. Jadi wajar aku pro pada yang gelap gelap.

    BalasHapus

  3. Woooo.... Cocoknya kau jadi aktivis black metal. Pantes senengane Negro.... Halah, terus aku dituduh rasis.

    BalasHapus
  4. Jangan bilang negro. Afro lebi santun.
    Loh, Pha. Rasis tu dah ada sejak zaman Victoria Beckham orok. Masalae bgaimana mengatur rasa rasis menjadi makanan enak. Aku dah kaya aktivis HAM kan? Pasti. Cethog

    BalasHapus
  5. Istilah jangan jadi masalah kalau tak prinsipil. Di Amerika, dalam keseharian, mereka menyebut diri sebagai black. Negro itu sendiri artinya hitam. Sudahlah, Ndhy, kau tetap butuh jasa ahli bahasa untuk menyusun draft peraturan anti rasial. Makjreng.

    BalasHapus

  6. Ngomongku terlalu kasar ndak, sih? Beginilah kalau datang bulan, maafkan aku, Kangmas.

    BalasHapus
  7. Kan ada editor baru. Ha6
    kasar? Ah perasaanmu saja. Tenang saja. Nyai Blorong masi mau nerima kau.

    BalasHapus

  8. Ih, geli-geli gitu rasanya, bergumul bareng ular. Crot.

    BalasHapus
  9. Pendek kata, pendek tubuhmu? Ga digumuli. Ditelan dimuntahin lagi kao. Nyi ga doyan dagingmu. Ha6

    BalasHapus

  10. Nyi Blorong pengidap bulimia, ya?

    BalasHapus

  11. Kalo begitu aku keponakan mereka.

    BalasHapus
  12. Kalau ga bisa makan keju, jangan maksa. Mending sepupuan am Anissa Bahar deh. Huwaha

    BalasHapus