Header Ads

The Green Mile

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Hukum sering kali memilih. Menetapkan sesuatu yang berlawanan dengan keadilan. Selalu yang menjadi sasaran adalah kaum lemah. Orang kulit hitam, kaum cacat, ataupun hal lain. Sepertinya hukum mempunyai dua sisi tajam yang ketajamannya sama. Satu sisi menjamin kelangsungan hidup masyarakat, sedangkan sebelahnya merusak tatanan.

The Green Mile menawarkan cerita itu. Bahwa ketidakadilan masih merajalela di bumi ini. Lelaki idiot dituduh membunuh dua gadis cilik. Karena tak mampu membuat alibi, hukuman mati sudah pasti dijatuhkan.

Terkesan dengan kehidupan di penjara, imajinasiku melambung untuk lebih memahami karakter-karakter orang jahat yang hidup di terali besi. Tidak angker seluruhnya. Justru ada kesan manis di dalamnya.

Baru setelah beberapa kali menonton, aku baru sadar jika film ini diangkat dari novel yang ditulis Stephen King, penulis yang memberiku trik-trik hebat dalam menulis. Andai kutahu sejak dulu bahwa tulisan dia menarik, aku akan menyelaminya. Tapi aku terlanjur mencintai tema drama sosial, jadi lupakan dulu tema horor. Toh, lain waktu aku bisa mengejarnya.

Terima kasih untuk:
1. Stephen King
2. Tom Hanks
3. Tokoh kulit hitam yang diancam hukuman mati dalam film tersebut (aku lupa namanya)

2 komentar: