Menu

Minggu, 14 Agustus 2011

155 Punya Indonesia yang Paling di Dunia (Bagian 12): Hutan Nusantara Tereksotik

H. Indonesia Paling karena Kekayaan Hasil Hutannya


Bagaimana sekarang dengan hutan Indonesia? Dunia sudah mengakui kalau Indonesia termasuk salah satu „Paru-paru Dunia‟. Ini dikarenakan hutan kita penghasil Oksigen (O2) yang sangat besar di dunia. Teman-teman pasti mengetahui kalau oksigen sangat berguna untuk manusia dan makhluk hidup bernapas. Coba kita bayangkan kalau hutan Indonesia banyak ditebang dan gundul. Akan terjadi banjir, hewan dan tumbuhan musnah, dan suhu bumi akan meningkat.
Agar kita sadar betapa penting hutan di Indonesia, yuk kita simak kekayaan hutan anugerah Tuhan ini.
60. Negara dengan Tanaman Meranti Terbanyak di Dunia


Meranti

Hutan Indonesia menghasilkan sekitar 400 spesies meranti-merantian (dipterocarpus). Produksi ini menjadikan Indonesia yang paling unggul di dunia. Kayu meranti biasa dijadikan barang-barang perabot rumah seperti lemari, kursi dan meja, dan sebagainya. Warnanya yang cerah dan bentuk kayunya yang indah menjadikan kayu meranti sangat mahal.

61. Negara dengan Jenis Palem Terbanyak di Dunia


Contoh paling dekat jenis palem adalah pohon kelapa. Di Indonesia, jumlah palem lebih dari 576 jenis yag tersebar di seluruh daerah. Dan dari itu semua, 29 jenis hanya bisa ditemukan dan hidup di Indonesia.
Pohon palem sangat berguna bagi manusia, mulai dari buah, daun, batang kayu, ataupun akar bisa dimanfaatkan. Karena jumlahnya yang sangaat banyak di Indonesia, menjadi tantangan kita semua untuk lebih meningkatkan fungsinya.
Salah satu jenis palem

62. Negara dengan Rotan Terbanyak di Dunia


Kelestarian rotan adalah kelestarian hutan. Hutan tanpa rotan seperti manusia tanpa tulang. Indonesia sangat kaya dengan hasil rotan. Dari 600 jenis rotan, 350 jenis terdapat di hutan kita. 80 persen rotan yang beredar di pasaran dunia berasal dari hutan Indonesia.
Teman-teman mau tahu berapa hektar hutan rotan di Indonesia?
 13,3 juta hektar dari total 143 juta hektar luas hutan Indonesia.
Pemerintah mengarahkan para petani untuk menyisakan pangkal rotan saat memanen. Tidak dibabat seluruhnya. Kelak dengan cara ini pertumbuhan rotan dapat dijaga dengan semestinya dan tidak membuat hutan menjadi gundul.
Rotan dan kursi rotan

63. Negara Pengekspor Kayu lapis Terbesar di Dunia


Kayu lapis dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan pengolah kayu menjadi barang seperti lemari dan meja kursi. Indonesia tercatat sebagai negara yang paling banyak mengekspor kayu lapis yaitu sekitar 80% dari pasar dunia.
Kayu-kayu lapis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar