Header Ads

Koalisi Besar: Tindakan Cerdik Menyelamatkan Bangsa. Penolakan Pemilu 2009 yang Halus, tanpa Tragedi

Koalisi besar yang digeber beberapa partai memang menarik untuk disimak. Ini seakan menjadi penolakan halus dari hasil pemilu 2009. Saya memandang para politikus Indonesia semakin lincah menghadapi persoalan pemilu.

Karut marut pemilu di era pemerintahan SBY memang sudah diketahui publik. Masyarakat Indonesia semakin cerdas, dan kecurangan akan dengan jelas diketahui. Persoalan DPT, penolakan rekapitulasi, KPU yang plintat plintut, hasil hitung pemilu yang lambat, serangan hackers, salah siapakah? Pemerintah boleh dengan mengiba mengatakan bukan salah dia, tapi jika kita menggunakan jiwa ksatria, memang Pemerintahlah penanggungjawab semua ini. Bukan siapa siapa.

Menyikapi hal ini, dengan elegan beberapa partai melakukan koalisi besar untuk tingkat parlemen. PDIP, Partai Golkar, Hanura, Gerinda, PPP. Bisa diprediksi mereka mengumpulkan lebih dari 50% suara. Apakah ini murni demi kepentingan bangsa?

1. Jika hasil pemilu 2009 ditolak oleh beberapa partai besar, ekses negatif akan parah. Pemilu legislatif diulang, makin banyak caleg yang stres. Yang sudah menang, akan kembali berjibaku.
2. Ongkos politik akan membengkak.
3. Koalisi besar bukan penghadang SBY. Melainkan untuk menciptakan peta yang kuat setelah pilpres. Jika poros SBY menang, koalisi besar akan super menekan pemerintah. Atau jika salah satu pasangan dari koalisi besar menang, pemerintah akan kuat karena didukung parlemen.
4. Koalisi besar mampu meredakan gejala konflik horisontal.

Selamat buat para pemimpin Koalisi Besar.

Tidak ada komentar