Header Ads

Jika Anda Pertama Kali Berarung jeram, apa yang harus dipersiapkan?

    Peralatan yang harus disiapkan saat arung jeram:
1. helm
    Helm apa saja diperbolehkan. Jenis ciduk,  standar, ataupun bermotif bunga-bunga diperbolehkan. Satu yang tidak dianjurkan adalah memakai helm cinta. Tahu maksudku?
Namun usahakan untuk memakai helm khusus olahraga arung jeram. Ringan, berwarna mencolok, dan berlubang. Lubang-lubang ini dimaksudkan agar air yang "mengucur deras' akan dengan cepat ke luar dari helm. Jangan sekali-kali mengenakan helm standar yang ada kacanya (berarti uraian paling awal salah dong? Dasar penulis payah). Hal ini berbahaya karena air akan berada terus di dalam helm, sehingga mengganggu pendengaran si peserta. Juga bisa menyebabkan masuk angin.
Ini contoh yang benar:

Ini contoh yang salah:



2. Alat kedua yang harus ada adalah PELAMPUNG
    Tentu peserta arung jeram tidak mau jika tubuhnya tenggelam ditelan arus. Pasti tak ada satu pun yang mau. Mau taruhan kue apa coba? Yang pasti untuk orang tidak bisa berenang, jangan takut. Tak akan tenggelam apalagi mati kalau kita sudah menyandang pelampung di dada dan punggung kita.

Contoh pelampung :
- Pelampung yang benar


-Pelampung buat tidur


3. Selanjutnya adalah DAYUNG
Bagaimana bisa jalan kalau perahu tak ada dayungnya? Apa kita mau pakai tangan kan tak lucu gitu looohh? Jika Anda belum bisa mendayung, maka tak perlu khawatir karena sang skipper akan mengajari Anda. Tinggal mempersiapkan kenekatan Anda saja, perahu akan meluncur hebat.
Tip keren: Gunakan dengan penuh kasih sayang. Kalau Anda menggunakan secara berangasan, dijamin jidat dan kepala teman Anda pasti benjol.






Dayung ini sesungguhnya. Tak ada unsur penipuan.







Alat ini juga bisa dipakai jika terpaksa.


4. sepatu atau sendal gunung
Aksesoris (kayak alat kecantikan saja) ini mutlak dipakai untuk menjaga telapak kaki terkena pecahan kaca atau apapun yang dapat merusak kelembutannya.
Tip:
- Jangan sekali-kali pakai sandal jepit. Karena sandal jepit hanya bisa menjepit dan tidak mampu menahan. Eh, salah ... koreksi. Sandal jepit sangat rentan terhadap hal-hal yang tak diinginkan. Kalau sandal ini lepas dan kena jidat peserta, siapa yang akan tanggung jawab? Kan tidak keren?!
- Lebih baik memakai sepatu olahraga. Jangan pernah pakai sepatu jinjit berukuran 50 cm! Emang ini pagelaran busana adiluhung? Yang pasti selain membuat pergerakan lincah, sepatu olahraga juga membuat kita menjadi bak olahragawan top dunia. Semua orang berharap demikian bukan?

5. kacamata anti ultraviolet
   Bagi yang berkacamata, selayaknya membuat sedemikian rupa agar kacamatanya tidak mudah lepas. Ikatkan karet kepadanya dan sayangilah istri tetangga. Bukan ... maksudku, berilah karet pengaman.

6. baju
   Mau ikut klab nudis apa kalau tidak memakai baju?

7. kosmetika
   Bagi yang tidak mau kulitnya gosong atau belang-belang, maka siapkanlah aneka kosmetika perawat tubuh. Sunblock, penahan panas matahari agar kulit tidak terbakar. Atau bila mana perlu bagi perempuan, siap sedialah pembalut. Kan tidak lucu kalau air kali itu menjadi merah?!

8. obat-obatan
    Sebelum mendayung usahakan minum jamu kuat. Roso!

Semoga menyenangkan acara arung jeram Anda.

Tidak ada komentar