Header Ads

MIDDLE SCHOOL: My Brother is a Big, Fat, Liar

Bagaimana perasaan Sampean jika punya kakak yang super nakal bin liar?
Saking rusuh ulahnya, Sampean menerima tuah dari seisi sekolah yang memusuhi dan kena cap bandel juga. Dan Sampean menerima takdir tak adil ini.

Georgia bertekad membalas dendam segala perlakuan dari kakaknya Rafe. Di rumah sudah diusilin, di sekolah tambah parah lagi karena Georgia harus membentengi dirinya dari cemooh akibat stempel Rafe si pembuat onar.

Belum lagi, Ratu SMP yang berjumlah tiga ekor terus terusan meyerang Georgia. Guru BP yang galaknya minta ampun ikut ikutan menghukum Georgia dengan alasan tak masuk akal karena Georgia adik Rafe. Bete nggak, sih?

★★★

James Patterson lewat bukunya High School seri pertama ini dengan sangat gemilang melemparkan ide seputar kehidupan anak SMP di Amerika Serikat. Banyolannya cerdas dan mengena hingga membacanya ajaib bisa tertawa puas banget. Trik Georgia menghadapi bullying yang ia terima mengundang decak kagum dan tepuk tangan saya. Ditambah ilustrasi yang menguatkan cerita novel remaja ini, Middle School yang di Amerika Serikat menuai pujian dan rekor penjualan yang fantastis layak kita beli untuk mengocok perut.

Dari isi jelas kalau novel ini bermutu. Ini tak lepas dari peran si penerjemah yang cermat bin jeli memindahkan ide Patterson. Saya menilai si penerjemah berhasil seolah kita bisa masuk ke dunia remaja Amerika Serikat yang terkenal kompleks karena multi rasial. Angkat topilah saya pada penerjemah novel Middle School.

Secara total, saya memberi nilai empat setengah bintang dari lima.

Tidak ada komentar